Berita

Pindad Gelar Seminar Pendidikan Program Pengembangan Sekolah Ramah Anak

Pindad Gelar Seminar Pendidikan Program Pengembangan Sekolah Ramah Anak

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Pindad (Persero)  menyelenggarakan seminar pendidikan mengenai Program Pengembangan Sekolah Ramah Anak pada Rabu, 14 November 2018 di Grha Pindad Bandung. Acara dibuka oleh Direktur Keuangan dan Administrasi, Wildan Arief.

Seminar menghadirkan narasumber fasilitator sekolah ramah anak tingkat nasional, Drs. Iriansyah yang menjabarkan praktek-praktek baik mengenai penerapan Sekolah Ramah Anak di Indonesia beserta dampaknya bagi anak. Drs. Iriansyah menampilkan materi tidak hanya dalam bentuk paparan saja, tetapi juga edukasi video disertai games interaktif dengan peserta seminar.

WIldan Arief dalam sambutannya mengatakan tujuan dilaksanakannya seminar ini adalah wujud kontribusi perusahaan di bidang pendidikan dan bukti nyata BUMN Hadir Untuk Negeri.

“Tujuan diadakan seminar ini adalah dalam rangka ikut berkontribusi dan berperan aktif dalam pembangunan nasional (program nawacita pemerintah), khususnya di bidang pendidikan, sebagai wujud nyata BUMN Hadir Untuk Negeri dalam memajukan dan mencerdaskan generasi penerus bangsa,” ujar Wildan.

Adapun seminar dihadiri oleh sekitar 100 peserta yang berasal dari para pendidik yakni kepala sekolah dan guru  serta siswa dari mulai tingkat Sekolah Dasar,  SMP,  SMA dan SMK yang berada di lingkungan kecamatan Kiaracondong Bandung. Selain itu acara juga dihadiri oleh ibu-ibu Ikatan Istri Karyawan Pindad (IIKP) yang sangat concern terhadap masalah pendidikan.

Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab. Prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak. Sebagaimana dalam bunyi pasal 4 UU No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang terbuka, melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan, kehidupan sosial, serta mendorong tumbuh kembang dan kesejahteraan anak. Sekolah Ramah Anak adalah sekolah/madrasah yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusif dan nyaman bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial anak, termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus.

PKBL Pindad sendiri merupakan bagian dari perusahaan unit Sekretaris Perusahaan yang memiliki tugas dan fungsi dalam bidang sosial kemasyarakatan, yakni : bidang pendidikan,  peningkatan kesehatan,  pengembangan sarana prasarana umum,  bencana alam,  pelestarian alam,  sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan, bantuan sarana ibadah serta memberikan bantuan pinjaman modal kepada pengusaha kecil,  dengan jenis usaha yang telah ditentukan.

Melalui kegiatan ini, pindad mendukung terlaksananya pendidikan yang baik dan ramah terhadap anak-anak Indonesia dan mendorong terwujudnya semakin banyak Sekolah Ramah Anak di berbagai pelosok di Indonesia.


Comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *