Alat Berat

Alat Berat

Divisi Alat Berat PT Pindad (Persero) adalah divisi yang menghasilkan produk-produk komersial antara lain :

  • mesin listrik
  • sistem pengereman kereta api
  • peralatan kapal laut
  • jasa pemesinan

Produk mesin listrik yang dihasilkan PT. Pindad meliputi generator dengan kapasitas sampai 9 MW, motor traksi yang digunakan di kereta api listrik‚ motor magnet permanen, serta jasa perbaikan motor listrik.

PT Pindad (Persero) memproduksi Air Brake System dengan lisensi dari KNORR Bremse AG, Jerman sejak tahun 1983 dan telah disertifikasi oleh UIC (International Union of Railways). Air Brake System yang diproduksi adalah tipe KE-G-12 untuk gerbong barang dan KE-P-12 untuk kereta penumpang. Air Brake System ini dikembangkan untuk kebutuhan sistem pengereman KRL dan KRD. Dengan dukungan alat pengujian yang telah disertifikasi oleh KNORR, PT Pindad (Persero) mampu memproduksi Air Brake System lebih dari 600 set per tahun. Disamping itu, PT Pindad (Persero) dapat melakukan maintenance untuk komponen Air Brake System ini.

Produk Peralatan Kapal Laut bermula dari kerjasama yang didirikan bersama Hatlapa. Pindad telah mengembangkan berbagai produk peralatan kapal laut sejak tahun 1991 hingga saat ini dengan merek PinMarine. Dengan dukungan Sumber Daya Manusia, sistem produksi dan kualitas kontrol yang baik, PinMarine mampu menghasilkan produk berkualitas dan kompetitif, serta memenuhi persyaratan klasifikasi Nasional & Internasional, seperti BKI, LR, ClassNK, BV, RINA, GL, ABS, dan lain-lain.

Jasa pemesinan didukung fasilitas mesin bubut horizontal dengan kapasitas hingga 6 meter, bubut vertikal hingga diameter 3 meter, double column‚ milling machine‚ dengan kapasitas hingga diatas 2 x 4 meter yang dioperasikan secara komputerisasi (CNC).