Siaran Pers

TANK BOAT 105MM HADIR DALAM INDO DEFENCE 2016

TANK BOAT 105MM HADIR DALAM INDO DEFENCE 2016

PT PINDAD (PERSERO) memperkenalkan produk terbarunya, “Tank Boat 105mm,” dalam gelaran Indo Defence, 2 – 5 November 2016 di Kemayoran, Jakarta. Platform tempur terbaru ini merupakan hasil kolaborasi Pindad dengan PT Lundindan CMI Defence dari Belgia. “Kami sangat senang dengan kehadiran produk baru ini untuk mendukung fungsi pertahanan nasional di tanah air,” ujar Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu, setelah mengunjungi booth Pindad.

Direktur Utama Pindad, Abraham Mose, menegaskan produk tank boat merupakan penerjemahan dari kondisi dan tantangan geografis Indonesia yang memiliki ribuan pulau dan perairan. “Kami mencoba menggabungkan konsep persenjataan berat kaliber 105mm dalam sebuah wahana air yang mampu bergerak cepat dan memiliki daya gempur luar biasa,” ujarnya.

Tank Boat 105mm terbuat dari komposit dengan platform kapal catamaran (double hull). Panjang total 18 meter dengan berbekal mesin diesel buatan MAN, tank boat mampu melaju hingga kecepatan 40 knots dari perairan dangkal sekitar 1 meter hingga laut lepas. Platform tempur ini juga memiliki bekal persenjataan lain seperti Remote Control Weapon System (RCWS) dengan kaliber 7.62mm dengan sistem nadir dan navigasi canggih.

John Lundin dari PT Lundinyang terlibat dalam perancangan desain badan tank boat menambahkan platform tempur ini memiliki daya jelajah 400 nautical mile (nm) pada kecepatan 30 knot dan 600 nm pada kecepatan 9 knot. “Ibarat kata mampu menyeberangi lautan Jawa untuk penugasan ke pulau lain atau daerah perbatasan hingga sungai dan pedalaman seperti di Papua yang memiliki anak sungai lebar seperti Mamberamo atau rawa-rawa,” tambahnya.

CEO CMI Defence, Jean-Luc Maurange, yang ikut hadir dalam pembukaan pameran Indo Defence 2016 mengonfirmasi bahwa turret 105mm yang akan mereka pasang di Tank Boat merupakan bagian dari program kerjasama Pindad dan CMI Defence untuk pengembangan turret 90mm sampai dengan 105mm. “Kami tambahkan fungsi dan kapabilitas operasi di air (marinized turret) di produk teranyar untuk tank boat ini,” tambahnya. Kelak proses pembuatan turret 105mm akan berlangsung di pabrik Pindad Bandung, Jawa Barat.

Untuk mengetahui lebih lanjut sosok tank boat 105mm silakan hadir di gelaran Indo Defence 2016 di Hall D booth D 043. 

PT Pindad (Persero) :

PT Pindad sebagai perseroan terbatas milik negara dibentuk pada tahun 1983. Perusahaan yang akar sejarahnya telah berdiri sejak masa kolonial Belanda itu, aktif memproduksi berbagai alutsista untuk kebutuhan TNI, dan juga telah mengekspor sejumlah produk unggulannya seperti amunisi dan kendaraan tempur ke pasar global. PT Pindad selain menghasilkan alutsista juga memiliki divisi yang menghasilkan mesin industri dan alat berat seperti ekskavator, pengait rel kereta api, motor traksi, generator hingga crane kapal laut.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi :

Sekretaris Perusahaan :

Bayu A. Fiantoro

E-mail:bayu.fiantoro@pindad.com


Comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *