Berita

Pindad Launching PIES, Platform Keamanan Transportasi PerkeretaapianPindad Launching PIES, Platform

Pindad Launching PIES, Platform Keamanan Transportasi Perkeretaapian

Pindad bersama Group perusahaannya, Pindad Global Source and Trading (PGST) bekerjasama dengan partner bisnis Malaysia, AZTI me-launching Platform Intrusin Emergency Stop (PIES) atau juga dikenal Atau dengan Guideway Intrusion Detection System (GIDS) pada Selasa, 18 Desember 2018 di Graha Pindad Bandung. PIES merupakan suatu platform sistem pengamanan di bidang transportasi perkeretaapian untuk mendeteksi intrusi manusia di guideway pada LRT/MRT.

Acara dihadiri oleh Direktur Prasarana Ditjen Perkeretaapian Kementerian  Perhubungan Zamrides, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Harjanto, perwakilan dari Kementerian BUMN, Wakil Komisaris Utama Pindad, Direksi BUMN klaster NDHI, Direktur AZTI Group of Company Malaysia serta para Direktur perusahaan karya dan Direktur project owner sekaligus operator KA.

PIES adalah sistem keamanan pada platform yang terbukti dengan lebih dari 30 tahun catatan operasional yang dapat diandalkan untuk mendeteksi gangguan instrusi penumpang ke area rel di depan platform/emplasemen. PIES mengirimkan isyarat untuk menghentikan kereta yang masuk atau meninggalkan stasiun setelah intrusi terdeteksi.

Direktur Utama, Abraham Mose mengatakan Pindad - AZTI - PGST akan bersama- sama  mengembangakan dan memproduksi PIES di fasilitas produksi Pindad untuk kemudian dipasarkan bersama oleh Pindad bersama dengan PGST untuk  project MRT dan LRT.

Lebih lanjut Abraham mengatakan produk ini akan memberikan perlindungan kepada para pengguna LRT/MRT dan akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan pengelola perkeretaapian, dengan pengoperasian yang mudah dan berbiayai memadai.

PIES adalah sistem keamanan yang reaktif dibandingkan dengan Passenger Screen Door (PSD) yang merupakan sistem keamanan preventif. Kelebihan lainnya dari PIES adalah sudah terbukti kualitasnya, sederhana dan andal. PIES telah digunakan di berbagai negara seperti Kanada, Asustralia, Amerika Serikat dan Malaysia. PIES memiliki potensi pasar project MRT dan LRT di Indonesia.

Cara kerja PIES

·  Kabel BLUCOR® diletakkan di sepanjang alur Sensor Panel untuk mendeteksi gerakan.

·  Sensor Panel dalam posisi tetap tetapi hanya memperkenankan untuk gerakan ke bawah.

·  Ada Metal Spring dipasang di bawah Panel Sensor yang akan menekan jika lebih dari 7kg ditempatkan pada panel sensor.

·  Ketika panel sensor dikompres turun dengan beban minimal 7kg, kabel BLUCOR® akan melengkung karena perbedaan level antara panel sensor.

·  Aliran voltase melalui kabel akan berubah, memberi sinyal yang berbeda ke panel kontrol, yang akan meneruskan sinyal ini ke Kontrol Kereta Otomatis untuk mengaktifkan prosedur dalam menghentikan kereta.

·  Sistem dapat di pasang kembali secara manual setelah di verifikasi atas izin stasiun utama.

Launching PIES merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerjasama Pada Agustus 2018, PGST, Pindad dan Azti meliputi: membuat dan mengembangkan solusi system ini  untuk mendukung industri dalam negeri serta melatih dan melibatkan SDM, klien, sub-kontraktor  dan operator dalam negeri.

Platform PIES ini merupakan produk terbaru di bidang industrial terutama di sektor transportasi perkeretapaian. Pindad sendiri tahun ini telah meluncurkan berbagai produk terbaru di bidang industrial seperti alat berat Excava 200 Amphibious, Paddy Dryer, motor dan kendaraan listrik.


Comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *