Berita

Pindad Jalin Kerjasama dengan Geo Dipa Energi

Pindad Jalin Kerjasama dengan Geo Dipa Energi

PT Pindad (Persero) dan PT Geo Dipa Energi menandatangi memorandum of understanding (MoU) pemanfaatan energi panas bumi untuk listrik. Penandatanganan tersebut terkait kerja sama pengembangan teknologi organic rankine cycle (ORC) dan binary system.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose dan Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki Firmandha Ibrahim di direkrotart PT Pindad, Bandung, pada Senin 31 Juli 2017. 

Dirut PT Pindad Abraham Mose mengatakan, kerja sama ini merupakan wujud sinergi antar BUMN untuk meningkatkan TKDN dan memajukan energi terbarukan, selain itu Pindad sudah sejak lama ingin masuk ke dalam sektor energi dengan konsep-konsep investasi. 

"kita juga ada keinginan untuk masuk ke dalam sektor energi dengan konsep-konsep investasi, tentu ini kesempatan bagi kita yang harus dikembangkan, ini yang pertama," ujar Abraham. 

Sementara itu, menurut Riki teknologi Organic Rankine Cycle (ORC) dan Binary System adalah teknologi memanfaatkan air panas (brine) yang merupakan bawaan dari uap panas bumi yang selama ini terbuang.

"Melalui alat ini, air akan dikonversi menjadi energi listrik melalui metoda heat exchanger. Metode ini ramah lingkungan dan belum ada di Indonesia," paparnya.
Menurut dia, Indonesia memiliki potensi panas bumi terbesar di dunia yang saat ini baru termanfaatkan 5 persen. Di sisi lain, Tingkat Komposisi Dalam Negeri (TKDN) nasional masih di angka 20 persen. (Bani) 

Comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *