Siaran Pers

Pindad dan FNSS Luncurkan Desain Medium Tank di Indo Defence 2016

Pindad dan FNSS Luncurkan Desain Medium Tank di Indo Defence 2016

PT Pindad (Persero), perusahaan pertahanan pelat merah, bersama dengan perusahaan pertahanan asal Turki, FNSS, dan Kementerian Pertahanan meluncurkan desain medium tank hasil kerjasama kedua perusahaan di pameran tri matra pertahanan terbesar di Asia Tenggara, Indo Defence Expo dan Forum 2016. Desain tank berukuran medium tersebut, dengan bangga diperlihatkan kepada para pengunjung oleh Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose bersama dengan jajaran manajemen FNSS.

Abraham mengatakan bahwa kerjasama dengan pabrikan pertahanan Turki FNSS merupakan kehormatan bagi Pindad untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan. “Ini merupakan kehormatan bagi Pindad dari Kementerian Pertahanan untuk dapat mengekskalasi kemampuan perusahaan di bidang kendaraan tempur. Ini adalah langkah lain lagi bagi Pindad untuk bisa mandiri,” tuturnya. Proses pengembangan produk medium tank ini dibagi menjadi 3 tahap sesuai ruang lingkup kerja sama, yaitu tahap proses desain, proses prototyping, dan proses uji coba.

Ia juga menjelaskan tentang desain medium tank ini yang tidak akan ditemukan di produk medium tank lain di dunia. “Desain yang akan kami perkenalkan ini merupakan satu-satunya di dunia, karena selain hasil penelitian dan pengembangan dari Pindad dan FNSS, merupakan implementasi dari spesifikasi yang diutarakan oleh pengguna di Indonesia,” tuturnya bersemangat.

Program pengembangan bersama ini menghasilkan desain medium tank yang terdiri dari kemampuan pertahanan balistik dan anti ancaman ranjau terkini. Medium tank ini dilengkapi dengan kemampuan daya gempur yang luas mulai dari perlindungan jarak dekat untuk pasukan infantri hingga pertempuran antar kendaraan tempur, dengan senjata utama meriam dengan kaliber 105 mm yang juga dapat digunakan untuk meluncurkan peluru kendali untuk menambah daya gempur. Medium tank generasi terbaru ini juga memiliki kemampuan taktis dan strategis yang luar biasa dan didukung dengan daya hancur yang dibutuhkan di medan perang.

Desain dibuat sesuai dengan kriteria kebutuhan yang didapatkan dari pengguna, dengan didasarkan pada strategi pertempuran modern. Dimana kemudahan mobilisasi dari medium tank ini menjadi salah satu keunggulan di samping kemampuannya sendiri. Program pengembangan bersama ini diharapkan dapat membuat Pindad mengalami kenaikan teknologi produksi dari produsen kendaraan beroda seperti Panser, menjadi produsen kendaraan beroda rantai, dimulai dengan medium tank. “Desain dan teknologi terbaru dan satu-satunya merupakan salah satu hal yang paling membanggakan dari kerjasama dengan FNSS ini. Kesempatan ini tidak akan kami sia-siakan dan akan kami manfaatkan semaksimal mungkin,” tutup Abraham.

PT Pindad (Persero) :

PT Pindad sebagai perseroan terbatas milik negara dibentuk pada tahun 1983. Perusahaan yang telah berdiri sejak masa kolonial Belanda ini secara aktif memproduksi berbagai alutsista untuk kebutuhan TNI dan mengekspor sejumlah produk unggulan, seperti amunisi dan kendaraan tempur ke pasar global. Selain menghasilkan alutsista, PT Pindad memproduksi komponen pendukung kegiatan industrial, antara lain pengait rel kereta api, motor traksi, generator, hingga crane kapal laut. Di tahun 2015, PT Pindad meluncurkan Pindad Excava 200, ekskavator buatan anak negeri guna mendukung pembangunan kapasitas nasional.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi :

Sekretaris Perusahaan :

Bayu A. Fiantoro

E-mail:bayu.fiantoro@pindad.com

Comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *