Berita

Beri Arahan, Menteri BUMN Dorong Penguatan Sinergi Cluster NDHI

Beri Arahan, Menteri BUMN Dorong Penguatan Sinergi Cluster NDHI

6 BUMN anggota cluster industri Pertahanan Strategis dan Teknologi Tinggi atau dikenal juga dengan NDHI (National Defence and Hightech Industries) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka konsolidasi industri strategis yang diselenggarakan di Hotel Inaya Nusa Dua, Bali (9/2). Acara dihadiri oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang memberikan arahan terhadap cluster NDHI pada masing-masing pertama. Peserta Rakor terdiri dari Direktur Utama, Direksi, Komisaris, Pokja, dan Sekretaris Perusahaan BUMN anggota cluster NDHI serta Kementerian BUMN, Kementerian Pertahanan, KKIP dan Bapenas.

Menteri BUMN dalam sambutannya mencermati peran industri pertahanan yang penting untuk mewujudkan kemandirian dalam negeri.

“Peran industri pertahanan khususnya BUMN dalam UU ditetapkan sebagai pemadu utama (lead integrator) berbagai matra sangat penting. Walaupun masih banyak hal yang perlu ditingkatkan, diperbaiki dan dikembangkan, peran BUMN dalam cluster NDHI dan National Shipbuilding and Heavy Industriees (NSHI) sudah semakin meningkat sebagai bagian mewujudkan kemandirian pertahanan keamanan Indonesia," ujar Rini. 

Menteri BUMN juga mengapresiasi secara khusus kepada BUMN cluster NDHI, salah satunya PT Pindad yang performa produknya meraih capaian khusus atau prestasi di dunia internasional.

“Secara khusus Saya ingin menyampaikan penghargaan kepada PT Pindad yang telah berhasil mengembangkan dan memasok berbagai Alpahankam khususnya SS2 dan amunisinya yang digunakan TNI memenangkan kompetisi menembak internasional AASAM dan AARM selama beberapa tahun terakhir,” lanjut Rini.

Selain sektor Hankam, NDHI juga dituntut untuk meningkatkan sumber pendapatan dari sektor komersil, sehingga porsi militer dan non militer lebih seimbang. BUMN kedepan akan terus dikembangkan semakin besar dan kuat. Rapat kerja NDHI ini menjadi momen penguatan komitmen kerja sama yang lebih besar untuk menciptakan peluang dan kemajuan Bersama.

Pada momen yang baik ini dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman antara ke 6 BUMN cluster NDHI tentang penguatan cluster NDHI dalam menunjang kemandirian industry pertahanan yang disaksikan oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno dan Deputi PISM, Fajar Harry Sampurno.

Di sela acara juga dilakukan penyerahan  bantuan donasi dari BUMN cluster NDHI kepada LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) Provinsi Bali sebagai wujud kepedulian Corporate Social Responsibility NDHI, BUMN hadir untuk negeri. (Ryan)


Comment

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *